HARI TUHAN!

HARI TUHAN!

Sering sekali terjadi perdebatan antara orang2 Kristen tentang Hari Tuhan. nah, sedikit saya memberikan argumen tentang hari Tuhan, semoga mencerahkan….

Apakah HARI TUHAN adalah hari SABAT SABTU atau HARI KEBANGKITAN MINGGU?

SIKAP YESUS
Sikap Yesus terhadap Sabat secara konsekwen dinyatakan dengan kebangkitanNya bukan pada hari Sabat Sabtu, tetapi pada hari pertama dalam MInggu (Matius 28:1 “Setelah hari Sabat lewat, menjelang menyingsingnya fajar pada hari pertama minggu itu, pergilah Maria Magdalena dan Maria yang lain, menengok kubur itu.”)

MENYATAKAN KEMENANGANNYA ATAS MAUT
Ini menarik, karena kemenanganNya atas maut dan ke’Tuhan’anNya tidak dinyatakan pada hari Sabat Sabtu, tetapi pada hari Pertama Minggu. sebab Tuhan telah mendatangkan Sabat Yobel bagi manusia. demikian juga pada hari itu Yesus mendatangi para murid yang berkumpul dan menghadirkan “DAMAI SEJAHTERA DAN SUKACITA” (Yohanes 20:19-23 “19 Ketika hari sudah malam pada hari pertama minggu itu berkumpullah murid-murid Yesus di suatu tempat dengan pintu-pintu yang terkunci karena mereka takut kepada orang-orang Yahudi. Pada waktu itu datanglah Yesus dan berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata: ”Damai sejahtera bagi kamu!”
20 Dan sesudah berkata demikian, Ia menunjukkan tangan-Nya dan lambung-Nya kepada mereka. Murid-murid itu bersukacita ketika mereka melihat Tuhan.
21 Maka kata Yesus sekali lagi: ”Damai sejahtera bagi kamu! Sama seperti Bapa mengutus Aku, demikian juga sekarang Aku mengutus kamu.”
22 Dan sesudah berkata demikian, Ia mengembusi mereka dan berkata: ”Terimalah Roh Kudus.
23 Jikalau kamu mengampuni dosa orang, dosanya diampuni, dan jikalau kamu menyatakan dosa orang tetap ada, dosanya tetap ada.” )

DITEGUHKAN KESAKSIAN JEMAAT
Seminggu kemudian pada hari Minggu, saat para murid kembali berkumpul, para murid mengatakan kepada Thomas bahwa :”KAMI TELAH MELIHAT TUHAN” dan ketika Thomas sendiri melihatNya, keluarlah pengakuan dari mulutnya: “YA TUHANKU DAN ALLAHKU” (Yohanes 20:24-29 “24 Tetapi Tomas, seorang dari kedua belas murid itu, yang disebut Didimus, tidak ada bersama-sama mereka, ketika Yesus datang ke situ.
25 Maka kata murid-murid yang lain itu kepadanya: ”Kami telah melihat Tuhan!” Tetapi Tomas berkata kepada mereka: ”Sebelum aku melihat bekas paku pada tangan-Nya dan sebelum aku mencucukkan jariku ke dalam bekas paku itu dan mencucukkan tanganku ke dalam lambung-Nya, sekali-kali aku tidak akan percaya.”
26 Delapan hari kemudian murid-murid Yesus berada kembali dalam rumah itu dan Tomas bersama-sama dengan mereka. Sementara pintu-pintu terkunci, Yesus datang dan Ia berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata: ”Damai sejahtera bagi kamu!”
27 Kemudian Ia berkata kepada Tomas: ”Taruhlah jarimu di sini dan lihatlah tangan-Ku, ulurkanlah tanganmu dan cucukkan ke dalam lambung-Ku dan jangan engkau tidak percaya lagi, melainkan percayalah.”
28 Tomas menjawab Dia: ”Ya Tuhanku dan Allahku!”
29 Kata Yesus kepadanya: ”Karena engkau telah melihat Aku, maka engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya.” )

DIKUKUHKAN OLEH PL
Pengakuan jemaat awal yang menegaskan bahwa Yesus adalah Tuhan yang identik dengan pengakuan kepada Yehova (Mazmur 35:23-24 “23 Terjagalah dan bangunlah membela hakku, membela perkaraku, ya Allahku dan Tuhanku!
24 Hakimilah aku sesuai dengan keadilan-Mu, ya TUHAN Allahku, supaya mereka jangan bersukacita atasku! )

AWAL ISTILAH HARI TUHAN
Dari sinilah kemudian muncul istilah HARI TUHAN; KURIAKE HEMERA; untuk menyebut hari pertama dalam Minggu dimana Yesus menyatakan dirinya SEPENUHNYA SEBAGAI TUHAN!

ISTILAH YANG SAMPAI DI SEKITAR KITA
Hari pertama dalam Minggu disebut sebagai hari Tuhan; dalam bahasa Latin DIES DOMINICA; dalam bahasa Portugis DOMINGGO; yang kemudian diadopsi menjadi bagian kosa kata dalam bahasa Indonesia menjadi MINGGU.

Tuhan memberkati kita semua, Maranatha!!!

This entry was posted in artikel.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s